24 November 2010

Garuda Tiara, Riwayatmu Kini…

Pada jaman Pemerintahan Persiden Suharto dulu pernah ada Mega Proyek yang mungkin jarang orang tahu karena tidak pernah diekspos di media. Proyek ini berupa pembangunan sebuah Gedung Konvensi yang diberi nama Graha Garuda Tiara. Direncanakan Kompleks Graha Garuda Tiara yang dibangun di atas lahan 44 ,6 hektar itu dibuat untuk menangguk rezeki pada pelaksanaan Sea Games XIX, yang digelar di Jakarta Oktober 1997. Kompleks Garuda Tiara ini terdiri atas wisma A, B, C, D, dan E, yang merupakan bagian sayap dan masing-masing terdiri dari 3 lantai dengan total 456 kamar. Bagian dada dan kepala Garuda terdapat lobi dan ruang konvensi yang mampu menampung 3 ribu orang. Sedang di bagian ekor diperuntukkan bagi hotel total ada 196 kamar. Komplek ini dibangun dengan dana yang cukup besar, uang miliaran rupiah di gelontorkan demi terwujudnya proyek ini. Meski belum diketahui secara pasti tentang kepemilikan komplek gedung megah ini, tapi disebut-sebut sebagai milik keluarga cendana. Dulu, putri Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana atau yang biasa disapa Mbak Tutut, kerap bertandang ke tempat ini. Biasanya, Tutut menghabiskan akhir pekan di bekas wisma yang terletak di Jalan Narogong Km 23 , Cileungsi, Bogor, atau 30 km dari Jakarta. Seandainya Kompleks ini berhasil diselesaikan maka kurang lebih akan jadi seperti yang ditampilkan di Maket berikut ini :

Maket Rencana Graha Garuda Tiara 

Model & Maket Graha Garuda 2

Namun apa yang terjadi kini ???

Jika diteropong dengan Google Maps bermode satelit pada koordinat -6° 25 ' 4.51 ", + 106° 57 ' 27.62 " maka akan tanpak seperti berikut ini :

New Picture (4)

Yang nampak sekarang hanyalah sekelompok gedung yang tidak terawat. Padahal kalau dilihat dari angkasa, bangunan itu akan tampak memukau dengan desain Garuda Pancasila yang cukup jelas. Ada sayap, kepala, maupun perisai berlambang 5 sila.

4 komentar:

  1. Sangat disayangkan.
    Bangsa kita tidak pernah bisa menghargai hal serupa ini. Makanya ada candi Borobudur, dan ada situs2 peninggalan kuno lainnya yang tidak berkesinambungan dengan masa kini.

    BalasHapus
  2. padahal bagus bngt gedung ini knp tidak di rawat saja ya kalau di jadikan hotel lg lebih bagus nanti nya ..

    BalasHapus